Friday, July 17, 2009

Empat Minuman Pereda Sakit Perut

. Friday, July 17, 2009

Anda sering mengalami sakit perut, terutama di pagi hari? Jangan langsung pergi ke dokter atau minum obat sembarangan. Anda bisa mencoba meredakan nyeri perut dengan membuat empat makanan atau minuman yang terbuat dari rempah ini.


1. Jahe
Rempah ini dikenal efektif bisa meredakan rasa mual yang disebabkan mabuk kendaraan, mengurangi nyeri sendi dan meredakan rasa sakit saat menjalani kemoterapi. Jahe juga memiliki khasiat sebagai obat penenang, dan antibakteri yang berkhasiat 'menenangkan' sakit perut. Ramuannya, rebus dua sendok makan irisan jahe. Campurkan rebusan ini di dalam teh yang akan Anda minum.

2. Susu asam (kefir)
Susu asam atau kefir adalah susu fermentasi yang dicampur dengan probiotik. Meski rasanya mirip yogurt, namun kefir lebih banyak mengandung probiotik. Sejumlah susu asam yang dijual di pasaran mengandung 10 macam probiotik yang berkhasiat melancarkan saluran pencernaan.

Bakteri sehat ini juga dapat menghentikan perkembangan mikroba yang memicu nyeri di perut. Ramuannya, Anda bisa meminum kefir langsung atau mencampurkan susu asam pada potongan buah-buahan segar, seperti apel, stroberi, lemon, semangka, jeruk, dll.

3.Kapulaga
Kapulaga (Amomum cardamomum) adalah salah satu rempah tertua di dunia. Kapulaga juga banyak dimanfaatkan untuk membuat minuman tradisional atau jamu. Rasa kapulaga yang sedikit pedas mirip jahe bisa menghangatkan tenggorokan, pernapasan, dan pencernaan. Kapulaga bisa dipakai sebagai campuran minum teh herbal. Teh rempah ini selain aromanya sedap, juga diyakini mujarab untuk meringankan nyeri perut.

4. Teh Rooibos
Rooibos adalah tumbuhan berwarna merah yang berasal dari Afrika Selatan. Rooibos tea tidak mengandung kafein dan kaya antioksidan seperti flavonoid. Khasiatnya juga bisa meredakan kram perut. Anda juga bisa mencampurkan tumbuhan ini pada masakan atau minuman teh Anda.

1 comments:

kir31 said...

mmm...saya suka ni minuman ni,,enaknya malem2 minum gnian,,hehe"..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Post a Comment

 

Followers

Blog yudhi-xiii.blogspot.com ini bekerjasama dengan kir31 | Didukung oleh Arsip berita